Cara Scan Barcode yang Tepat dari HP

Cara Scan Barcode yang Tepat dari HP

nandemo-america – Pernah berbelanja di minimarket atau supermarket dan mendapati kasir menggunakan alat untuk mencatat barang? Alat yang digunakan itu adalah scanner barcode. Setiap produk yang Anda beli umumnya memiliki barcode yang menjadi sumber informasinya. Begitu produk mendapatkan scan, informasinya akan terbuka dan tercatat.

Saat ini barcode dan juga QR Code banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Tidak hanya untuk masalah pencatatan barang saja. Anda bisa memakainya untuk membayar barang secara online, mengubah alamat situs, peta, dan lainnya. Untuk itu, Anda harus tahu cara scan barcode serta QR Code dari HP.

  1. Google Lens

Cara scan barcode di HP sendiri yang pertama adalah memanfaatkan layanan dari Google Lens. Futur ini sudah ada di dalam HP Android yang Anda miliki. Jadi, tidak perlu melakukan pemasangan lagi. Untuk menggunakan fitur itu, ikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini.

  • Masuk ke Fitur Google Assistant dengan menekan home atau bisa pakai perintah suara untuk memanggilnya. Saat ini, fitur yang cukup unggul ini sudah ada di hampir semua ponsel baru.
  • Tab Google Lens yang letaknya ada di bagian bawah, bersebelahan dengan logo speaker untuk memberikan perintah suara.
  • Setelah Google Lens terbuka, Anda bisa langsung mengarahkannya ke barcode yang ada di kemasan produk atau di mana saja. Selain barcode, QR juga bisa dideteksi dengan baik dan memunculkan hasilnya.
  • Tap icon pada layar yang tengah melakukan scan pada barcode.
  • Informasi dari barcode akan muncul sehingga Anda tahu apa maksud dari kode baris dan kotak-kotak itu.
  1. QR & Barcode Scanner

Cara scan barcode selanjutnya yang cukup mudah adalah memasang aplikasi scanner. Kalau ponsel Anda belum ada Google Assistant-nya, aplikasi ini bisa digunakan dengan baik. Cukup unduh melalui Playstore karena ukurannya kecil. Selanjutnya, untuk melakukan proses scan, ikuti cara berikut:

  • Pastikan aplikasi QR & Barcode Scanner sudah terpasang di HP dengan baik.
  • Buka aplikasi QR & Barcode Scanner yang sudah terpasang. Fitur pemindaian akan segera aktif dan bisa digunakan. Anda bisa langsung mengarahkan kamera untuk melakukan pindari barcode dan QR.
  • Hasil akan segera muncul dalam hitungan detik. Umumnya hasil yang didapatkan beragam mulai dari situs tertentu, alamat maps, sampai informasi dari produk.
  • Kalau Anda memiliki barcode dalam bentuk gambar dan tersimpan di ponsel, proses scan tetap bisa dilakukan. Tekan ikon gambar di bagian kanan atas. Pilih gambar yang dikehendaki lalu mulai lakukan pemindaian untuk mendapatkan hasil.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Jadi, bisa langsung dipakai di berbagai jenis ponsel Android mulai dari yang lawas sampai baru.

Baca Juga : Cara Registrasi Telkomsel Dengan Mudah Serta Praktis Tahun 2021

Cara scan barcode yang sudah dibahas di atas akan membantu Anda dalam banyak hal. Itulah kenapa, Anda wajib memasang aplikasi itu di ponsel. Tidak harus semuanya, cukup salah satu yang sekiranya sering dipakai. Selain itu, saat menggunakan barcode, pastikan untuk memiliki kamera belakang yang bersih dan juga jernih agar hasilnya cepat didapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *